Sistem penilaian Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) terbaru

Sistem penilaian Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) terbaru, INFOPENDIDIKANDANSOFTWARE.COM – Salam Pendidikan Untuk kita semua mengawali tulisan saya ini sebagai penulis harapan saya kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa Amin. Dalam artikel ini saya akan sedikit membahas tentang proses penilaian yang di laksanakan dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi (K13) terbaru dalam tahap penilaian dengan software ataupun manual pada Kurikulum 2013 ada empat hal yang utama yang di lakukan oleh seorang guru karena tugas seorang guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Tugas – tugas inilah yang di kelompokan dalam empat kelompok besar dalam prosesnya dan tentunya harus memenuhi standar yang di tentukan.

Semua program pendidikan yang kita terapkan sekarang sebenarnya sudah ter-sistem baik dari cara mengajar maupun dalam penilaian. Dalam artikel saya ini sudah pernah dibahas sebelumnya, namun akan lebih baik lagi apabila kita mau membacanya kembali sebagai referensi perbendaharaan ilmu yang akan kita terapkan ke siswa siswi.

Sistem penilaian Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) terbaru

Empat hal yang di lakukan dalam proses penilaian kurikulum 2013 yang pertama sikap spiritual, yang kedua sikap sosial yang ketiga pengetahuan dan yang keempat adalah keterampilan ini bisa kita kenal dalam dengan istilah KI1, KI2, KI3, KI4 dan yang semuanya merupakan satu kesatuan yang tertuang dalam bentuk laporan akhir dalam satu semester pembelajaran baik saya akan menjelaskan satu persatu dari semua KI (Kompetensi Inti) yang ada.

Baca juga :  Tips Mengatasi Kejenuhan Pada Anak

Berikut Sistem penilaian Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) terbaru

KI-1 Sikap Spiritual

Sikap spiritual yang di maksudkan dalam raport K13 adalah bagaimana seorang guru menilai sikap dari anak didik yang bersangkutan dalam kesehariannya disekolah dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya serta melaksanakan semua yang dianjurkan dalam agamanya dalam beribadah ini yang di nilai adalah sikap yang terlihat pada siswa. yang di dalamnya mengandung unsur menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Aspek yang kedua KI-2 Sikap Sosial

Untuk sikap sosial unsur yang dinilai adalah menunjukkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya

Aspek yang ketiga KI-3 Pengetahuan

Aspek KI-3 atau aspek pengetahuan ini meliputi memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya dengan rasa ingin tahu tentang dirinya, makluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah disekolah dan tempat bermain.

Aspek yang keempat KI-4 Keterampilan

Aspek ini menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan beraklak mulia.

Inilah penjelasan singkat yang dapat kami sajikan di website kami ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan referesi bagi semua pembaca dan terutama guru-guru sekolah dasar yang memulai membagun karakter dasar para peserta didik mulai dari pengenalan calitung sampai masuk ke tingkat menegah sehingga mempunyai bekal dalam melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. salam pendidikan untuk kita semua (GSL)

Nilai Kualitas Konten

2 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!