Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata 2018

Info Pendidkan dan SoftwareRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata 2018 – Sekolah-sekolah di Indonesia sekarang ini berlomba lomba untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah yang berbasis lingkungan hidup dengan merencanakan dan mencanangkan menjadi sekolah adiwiyata. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berbasis lingkungan hidup di tinjau dari sisi bahasa Adiwiyata di bagi menjadi dua bagian yaitu ADI dan WIYATA  dengan penjelasannya kata ADI mempunyai makna agung, besar, baik, ideal dan sempurna sedang kan makna kata WIYATA adalah tempat dimana orang mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan norma dan etika dalam kehidupan sosial.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata 2018

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan untuk semua warga sekolah ikut terlibat dalam sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Kutipan ini di ambil dari website resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sejak 2006, sebanyak 7654 sekolah (sekitar 6% sekolah di Indonesia) telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Menteri LHK menyampaikan bahwa berbagai upaya percepatan akan dilakukan bersama-sama antara Kementerian LHK dengan Kemendikbud agar memenuhi target Sustainable Development Goals (SDGs).

Ditambahkannya, memperbaiki lingkungan hidup identik dengan melakukan perubahan gaya hidup, dan pendidikan menjadi faktor penting dalam mengubah gaya hidup masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa. Untuk itulah Menteri LHK mengapresiasi pendidikan lingkungan hidup yang dijalankan di sekolah-sekolah.

“Komunitas pendidikan adalah kelompok utama yang memiliki peran strategis untuk melakukan perubahan,” disampaikan Menteri Siti Nurbaya dalam sambutannya pada Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016.

Makna dari kata Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata sebagai upaya pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup telah dilaksanakan sejak tahun 1975. Pada tahun 1996 disepakati kerjasama pertama antara Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yang diperbaharui pada tahun 2005 dan tahun 2010.

Di tahun 2006, ditandatangani Nota kesepahaman antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional yang bertujuan untuk mewujudkan Sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian, dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah.

Dalam pencapaian sekolah Adiwiyata ada beberapa standar yang harus di penuhi oleh sebuah sekolah diantara nya ada empat unsur utama yang harus di lakukan oleh sekolah yaitu

  1. Kebijakan berwawasan lingkungan
  2. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan
  3. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif
  4. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan

Dari 4 unsur utama di atas kali ini saya akan membahas tentang poin yang kedua yaitu Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. Dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan ini merujuk kepada bagaimana perangkat mengajar bapak ibu guru di sekolah yang mempersiapkan sekolah adiwiyata harus memiliki perangkat tersebut.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Adiwiyata 2018

Pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis Pendidikan Berbasis Lingkungan Hidup berikut bagai para bapak ibu guru yang ingin mendapatkan RPP pendidikan lingkungan hidup dapat kami bagikan kepada bapak ibu sekalian berikut ini merupakan contoh RPP K13 Pendidikan Lingkungan Hidup yang dapat di download oleh bapak ibu sekalian secara gratis dan beberapa perangkat lainnya yang harus di miliki oleh seorang guru untuk menunjang proses penilaian sekolah Adiwiyata.

Dalam RPP PLH menuju sekolah Adiwiyata yang harus di miliki didalam isi RPP adalah pembahasan dalam bidang linkungan hidup, kita harus mempersiapkannya mulai dari Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Materi, Pendekatan dan Metodenya, Sumber dan Media, serta yang terakhir tentunya Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. dalam proses ini unsur lingkungan hidupnya harus lebih di tonjolkan karena ini merupakan penilaian yang akan di ambil oleh team asesor atau penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk menjadikan sekolah bapak ibu sekalian menjadi sekolah Adiwiyata dan tentunya tidak melupakan ketiga poin utama yang lainnya.

Untuk bapak ibu yang ngin mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Silakan Mendownloadnya di bawah ini

DOWNLOAD RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP K13 

Nilai Kualitas Konten

Baca juga :  Silabus dan RPP IPS SMP kelas 8 K13

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!