Mendikbud Resmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar di Kuala Lumpur

Mendikbud Resmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar di Kuala Lumpur – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (1/3/2018). Kedatangan Mendikbud disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

PKBM KBRI Kuala Lumpur ini adalah yang pertama kali diresmikan di luar negeri. Mendikbud berharap mata rantai kemiskinan di kalangan TKI dapat terputus melalui pendidikan. “PKBM ini adalah satu-satunya PKBM di luar negeri dengan layanan kesetaraan dan pendidikan life skill. Berikutnya akan kita kembangkan dan menjadi contoh, untuk kemudian direplikasi,” ujar Mendikbud.

Mendikbud Resmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar di Kuala Lumpur

Mendikbud Resmikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar di Kuala Lumpur

Rusdi menyampaikan, masih banyak WNI di Malaysia yang tidak mengenyam pendidikan karena harus mengurus “perut” mereka, sehingga tidak memiliki waktu untuk belajar. “Dua hal yang tidak dimiliki TKI di Malaysia, pendidikan dan paspor, karena itu tahun ini kita berikan paspor dan penjaminan pendidikan untuk mereka,” ungkap Rusdi.

Dubes RI tersebut juga mengapresiasi Kemendikbud yang telah memberikan suntikan dana untuk layanan pendidikan bagi WNI di Malaysia. Ke depan, Mendikbud dan Dubes berencana untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di negeri jiran tersebut.

Kegiatan PKBM dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah Kuala Lumpur dan sekitarnya. Namun, bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan ini di semenanjung lain, PKBM KBRI Kuala Lumpur akan memfasilitasi pembukaan tempat kegiatan belajar yang menginduk ke PKBM KBRI Kuala Lumpur.

Turut mendampingi Mendikbud dalam kegiatan ini yaitu Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad, serta Direktur Pembelajaran Khusus dan Layanan Khusus Kemendikbud Poppy Dewi Puspitawati.(Prani Pramudita).

Baca juga :  SD Hanya Tiga Mata Pelajaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Sumber : http://tve.kemdikbud.go.id/

Nilai Kualitas Konten

Leave a Reply

error: Content is protected !!