Kisi-Kisi USBN SMA, SMK Terbaru 2018

Unduh Kisi-Kisi USBN SMA, SMK Terbaru 2018 – Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang dibentuk menurut kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ditahun ini pemerintah lebih mula merilis dan mempublikasikan Kisi-kisi guna Ujian Nasional Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMA/SMK tahun 2018 dengan tujuan supaya guru dan siswa dapat mempersiapkan lebih dini dalam menghadapi USBN tahun 2018 (tahun latihan 2017/2018).

Berbeda dengan Kisi-kisi UN yang diciptakan menurut Kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Kisi-kisi Ujian USBN diciptakan menurut jenis kurikulum yang digunakan. Sehigga terdapat Kisi-kisi Ujian USBN 2018 yang menurut Kurikulum 2013 dan terdapat pula yang menurut Kurikulum 2006 (KTSP)

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Totok Suprayitno mengungkapkan bahwa mata latihan yang diujikan pada USBN pada jenjang SMP SMA SMK dan Pendidikan Luar Biasa, serta Pendidikan Kesetaraan (Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya) semua mata latihan akan diujikan dalam USBN, dan tidak terdapat lagi pengamalan ujian sekolah. “Tahun ini, semua Mapel bakal diujikan dengan komposisi soal 90 persen opsi ganda, dan 10 persen esai,”

Sedangkan guna jenjang SMP, SMA, dan SMK 75 hingga 80 persen naskah disiapkan oleh guru pada satuan edukasi dan dikonsolidasikan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Bagi SDLB, SMPLB, dan SMALB 100 persen soal ujian disiapkan oleh sekolah menurut kisi-kisi nasional. Selanjutnya guna Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya 75 – 80 persen soal ujian disiapkan oleh Tutor dan dikonsolidasikan dengan Forum Tutor, dan 20 – 25 pesen soal disiapkan oleh pusat sebagai soal jangkar (anchor).

Baca juga :  Download PPG (Pendidikan Profesi Guru) terbaru 2018

Penyusunan soal USBN tahun ini melibatkan guru dari sekian banyak sekolah untuk menciptakan butir-butir soal dengan porsi 75 hingga 80 persen, lantas digabungkan dengan 20 hingga 25 persen soal yang disiapkan oleh pusat.
“Soal tersebut kemudian dicek dan dirakit bareng oleh KKG atau MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota atau Kanwil/Kantor Kemenag. Standar dan kisi-kisi diputuskan oleh BSNP,” ujar Kepala Balitbang.

Berikut ini penampakan gambar Kisi-Kisi USBN 2018 jenjang SMA SMK Semua mata pelajaran.
Selengkapnya, untuk bapak/ibu guru dan murid siswi yang belum mempunyai Kisi-Kisi USBN SMA/SMK 2018 dapat mengunduhnya pada tautan di bawah ini;

Demikian Kisi-Kisi USBN jenjang SMA, SMK Tahun 2018 atau tahun latihan 2017/2018 yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *